Rabu, 19 Oktober 2011

Bahaya Kurang Tidur







Hai guys. . How are u today.?? I hope u'll be okey. .
Di cuaca yg cerah, angin sepoy2, hati yg tentram, dgn suara classic instrument menemani hariku. So wonderful this day. Must be better than yesterday. Isn't it??


Di sela-sela waktu ku teringat tentang sebuah artikel disuatu magazine yg kemarin aku baca.
Judulnya "bahaya kurang tidur". Oke, buat coretan kali ini aku akan berbagi info pada kalian semua.


Mungkin bagi kita begadang merupakan aktivitas yang menyenangkan, bahkan ada yang beranggapan ini adalah life style. Tapi taukah anda efek dari kurang tidur terhadap diri kita??

Inilah kerugian akibat kurang tidur.

  1. Kecelakaan, dari hasil penelitian, salah satu penyumbang terbesar dari kecelakaan lalulintas (laka) adalah akibat kurang tidur. Kurang tidur dapat disandingkan dengan orang yg lagi mabuk saat mengemudi. Maka, kewaspadaan, konsentrasi, dan kesadaran menurun drastis. Akibatnya akan rentan terjadi kecelakaan.
  2. Konsentrasi menurun. Jelas hal ini sangat wajar terjadi. Karena kemampuan otak akan menurun.
    Dengan tidur cukup, kemampuan otak kita akan meningkat, sehingga tingkat konsentrasi kita semakin baik. Serta kewaspadaan, ketelitian, dan kemampuan berpikir kita akan stabil sehingga sangat efisian dalam belajar maupun bekerja.
  3. Kesehatan. Masalah kesehatan serius akibat gangguan tidur atau kurang tidur tahap kronis dapat
    membawa Anda pada
    risiko:
    • Penyakit jantung.
    • Serangan jantung.
    • Gagal jantung.
    • Detak jantung tidak teratur.
    • Tekanan darah tinggi.
    • Stroke.
    • Diabetes.
    Selain itu, kurang tidur jugan dapat menimbulkan ganguan kulit seperti :
    Kulit pucat, timbul kerut dan garis-garis halus pada wajah serta mata bengkak dan timbul lingkaran hitam di bawah kelopak mata.


  4. Gairah sex menurun. Menurut para ahli dampak akibat kurang tidur adalah menurunnya libido, sehingga gairah dan kualitas sex menrun.



  5. Depresi. Orang akan mengalami letih, lesu, gag ada semangat. Sehingga dalam aktivitasnya akan mudah putus asa dan emosinya meningkat. Akibitnya terjadilah depresi.



  6. Obesitas. Dalam gangguan tidur ( insomnia ), nafsu makannya akan meningkat dan rasa lapar cepat menghampiri. Akibatnya pola makan tidak terkontrol dan menimbulkan obesitas. Tidur yang cukup merupakan diet yang aman dari obesitas.



  7. Pelupa, apabila anda punya banyak sweet memories. Aku sarankan jangan sering2 begadang. Karena, kemampuan memori pada otak kita akan menurun bila kurang tidur. Untuk itu, buat anda yang masi muda tapi uda pikun ( pelupa ), tingkatkanlah kualitas memori pada otak dengan tidur yang cukup.



  8. Resiko kematian. Para ahli menyatakan, resiko kematian akan meningkat 2x lipat akibat kurang tidur. Buat yg gk pengen cepat coid, mulailah dari sekarang dgn tidur yg cukup. Hahaha. . .

  9. Merusak karier. Mungkin banyak orang beranggapan kurang tidur tdk akan berpengaruh pada kualitar kinerja kita. Tapi pada kenyataannya akan sebaliknya. Statistik kinerja kalian akan menurun akibat berbagai hal serti yang aku jelasin di atas. Hali ini akan merusak citra dan nama baik anda. Sehinga kepercayaan dan tanggung jawab anda akan rusak di mata orang.

Itulah beberapa dampak yang sangat merugikan bagi kita bkibat kurang tidur. Untuk itu aku berpesan, mari kita biasakan hidup sehat. Segala sesuatu yg berlebihan itu sangat buruk buat kita. Sebaliknya dengan yg cukup dan teratur akan sangat bermanfaat buat kita. Sekian dulu corat-coret dari saya. Semogan bermanfaat buat kalian semua.

Wassalam. .

2 komentar: