Selasa, 25 Oktober 2011

Apa Itu Proxy ?




Assalamualaikum wr. wb.


Welcome to my blog "BeggineR"

Oke, tanpa basa basi langsung aja disimak gan.
"Proxy". Kalian mungkin uda gk asing lagi ya sma makanan yg namanya proxy. . ?! ( emang ada ya makanan yg namanya proxy. . :mikir. . . :p ).
Sebenarnya aku juga gak tau definisi proxy. Setau aku proxy itu terdiri dari 12 digit angka yg setiap 3 digit angka dipisahkan oleh tanda titik ( . ) seperti 195.189.142.132
Karena temanku banya yg debat tentang proxy dan aku juga penasaran sama proxy, aku cari aja definisi proxy. Sebelumnya i wanna say suwun to bos wiki atas inponya.
Inilah hasil kesimpulanku.


Proxy adalah pihak ketiga ( perantara ) yg bertugas untuk menghubungkan antara user dan server ( alamat yg kita tuju ). Jadi user tidak akan turun langsung untuk mengambil data dari server, melainkan melalui perantara proxy.


Selain itu proxy juga mempunyai 3 fungsi dasar yaitu :

  1. Conecting Sharing. Dalam suatu jaringan lokal yang terhubung ke jaringan lain atau internet, pengguna tidak langsung
    berhubungan dengan jaringan luar
    atau internet, tetapi harus melewati
    suatu gateway, yang bertindak sebagai batas antara jaringan lokal
    dan jaringan luar. Gateway ini sangat penting, karena jaringan lokal harus dapat dilindungi dengan baik dari bahaya yang mungkin berasal dari
    internet, dan hal tersebut akan sulit dilakukan bila tidak ada garis batas
    yang jelas jaringan lokal dan internet.
    Gateway juga bertindak sebagai titik
    dimana sejumlah koneksi dari
    pengguna lokal akan terhubung
    kepadanya, dan suatu koneksi ke jaringan luar juga terhubung
    kepadanya. Dengan demikian,
    koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connection sharing). Dalam hal ini, gateway adalah juga sebagai proxy server, karena menyediakan layanan sebagai perantara antara
    jaringan lokal dan jaringan luar atau
    internet.
  2. Filtering. Fungsi dasar yg kedua ini bekerja untuk menyaring suatu data yg keluar dan masuk. Maksudnya proxy akan memproses data yg lewat, sehingga proxy dapat mengijinkan dan men0lak bahkan juga membrokir data tsb. Krn proxy akan melindungi user ( jaringan lokal ) dari bahaya internet dan biasanya proxy akan mengijinkan bila data tsb berasal dari sumber terpercaya. Itulah yg disebut firewall ( packet filtering ), biasanya firewall bekerja menadi satu dgn proxy server. Jadi jangan kaget apabila anda tidak dpt mengakses suatu alamat tertentu ( proxy tertentu ).
  3. Caching. Fungsi yg ketiga ini sangat penting dan membantu. Karena proxy adalah orang pertama yg menerima data sebelum dikirim ke user, proxy akan menyimpan data tsb. Dan kemudian akan dikirim ke user setelah disave trlebih dahulu.
    "Emang penting bgt ya pkek disave sgala, yg ada malah biki koneksi tambah lem0t ajah. .!" eits, tunggu dulu, hal ini justru sangat penting, karena apabila ada user yg meminta data yg sama, si proxy tinggal ambil aja di tempat penyimpanan, tanpa meminta langsung ke server aslinya. Dan hasilnya akan mempercepat koneksi kita. Itulah caching.
    Sedangkan tempat penyimpanannya disebut cache.

Ada 2 macam proxy yang sering digunakan, yaitu :
  1. Proxy Transparent. Proxy ini bersifat transparan. Untuk itu proxy ini kurangaman krn IP kita mudah terlacak oleh server. Namun proxy ini sangat mahir dalam pengambilan data, sehinga koneksinya sangat cepat.
  2. Proxy Animouse. Secara garis beras proxy ini berlawanan arti dgn proxy transparent. Proxy ini dapat mengamankan IP kita dan sulit sekali dilacak oleh server. Tetapi proxy ini kurang cepat dalam pengambilan data.

Demikian penjelasan singkat dari saya, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kata atau kalimat yg kurang dipahami. Maklum, saya juga sedang belajar. Hehe. .
Akhir kata,


Wassalam. .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar